Selasa, 09 Oktober 2012

RENCANA PENULISAN BERITA


Nama              : Sri Utami
NPM               : 07.1.01.07.0055

A.     Jenis Berita
Feature News
B.     Objek/ Masalah
·        Objek
Masayarakat dengan sungai Dusun Grogol Desa Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri
·        Masalah
Perekonomian warga Dusun Grogol yang tergolong ekonomi menengah ternyata tidak diimbangi dengan kesadaran mereka akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitarnya. Orang mengerti tentang kebersihan dan kesehatan masyarakat pastinya akan merasa miris apabila melihat seseorang (bahkan sebagian masyarakatnya) Buang Air besar (BAB) di sungai. Itulah yang terjadi atau dilakukan oleh masayarakat Dusun Grogol. Sungai yang biasanya digunakan untuk pengairan sawah, di sisi lain digunakan untuk hal-hal yang mengotori tempat tersebut. Seperti, Buang Air Besar (BAB), mencuci pakaian, dan Mandi. Padahal, potensi sumber air di Dusun Grogol sangat besar. Tapi, mengapa mereka tidak ingin membangun WC atau tempat pemandian (meskipun digunakan secara umum).

C.     Nilai Berita
·        Kedekatan
Nilai kedekatan dari peristiwa ini begitu dekat dengan pembaca. Feature news tentang Dusun Grogol ini memungkinkan untuk dibaca oleh pembaca yang berada atau berdomisili di kabupaten/ Kota Kediri. Begitu juga dengan pembaca dari Kabupaten Nganjuk, karena Dusun Grogol ini juga berdekatan dengan Kabupaten Ngnajuk.
·        Kadar Konflik
Konflik terjadi antara Dinas kesehatan setempat dengan mesyarakat Dusun Grogol. Dinas kesehatan setempat menganggap kebiasaan tersebut tidak boleh dilakukan tapi masayarakat setempat menganggap kebiasaan itu merupakan hal yang wajar.
·        Dampak
Dampak kebiasaan BAB di sungai tersebut sangat besar, terutama di bidang kesehatan dan sosial masyarakat. Hampir semua warga BAB di sungai (begitu juga dengan mencuci pakaian dan mandi) karena aktivitas tersebut akan mengganggu kesehatan masayarakat lain. Misalnya orang yang BAB mengidap disentri atau TBC, maka akan menular ke yang lain.
·        Kadar Kejutan
Kadar kejutan dirasakan oleh masyarakat yang tidak terbiasa dengan kebiasaan tersebut.

D.    Sumber Berita
Sumber berita melalui pengamatan secara langsung. Selain pengamatan secara langsung, mencari fakta lain sebagai sumber primer (people trail) dari warga setempat dan Dinas Kesehatan terkait. Sedangkan sumber skunder atau pendukung (paper trail) melalui data pemilik WC dari dinas kesehatan terkait (jika ada).

E.     Struktur Berita
Karena berita ini merupakan jenis Feature News, pola penulisan berita tidak ditulis dengan menggunakan [pola piramida terbalik.

F.      Pertanyaan
·        Warga Setempat
a.      Apakah benar sebagian masyarakat Dusun Grogol BABnya di sungai?
b.      Bagaimana dengan Anda?
c.       Kenapa hamper seluruh warga di sini BABnya di sungai?
d.      Sepengetahuan Anda, ada dampaknya atau tidak dari BAB di sungai itu?
e.      Apakah warga di sini tidak berkeinginan untuk membangun WC?
f.        Apakan sudah ada upaya seperti sosialisasi dai pemerintah (dinas kesehatan) setempat terhadap pentingnya kesehatan lingkungan, khususnya tentang BAB ?
·        Dinas Kesehatan Terkait
a.      Bagaimana tanggapan Anda terhadap kebiasaan Dusun Grogol yang BAB, mencuci baju, dan mandi di sungai?
b.      Apakah ada dampaknya? Jika ada dampaknya apa saja?
c.       Apakah sudah ada upayadari pemerintah (dinas kesehatan) untuk mengatasi dampak tersebut?
d.      Apakah sudah ada sosialisasi tentang kesehatan lingkungan, khususnya BAB? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar